Kondisi AC Mobil Tidak Dingin, Simak Dulu Cara Kerja AC Mobil!
Mengalami AC mobil tidak dingin sangatlah tidak nyaman untuk Para pemilik mobil dan penumpang di dalamnya. Di mana suhu mobil menjadi lebih panas,  membuat gerah dan membuka kaca mobil bukanlah solusi terbaik karena banyak debu di mana-mana. Namun tahukah Anda bagaimana cara kerja AC mobil? AC mobil yang tiba-tiba rusak dan tidak berfungsi secara normal […]

Mengalami AC mobil tidak dingin sangatlah tidak nyaman untuk Para pemilik mobil dan penumpang di dalamnya. Di mana suhu mobil menjadi lebih panas,  membuat gerah dan membuka kaca mobil bukanlah solusi terbaik karena banyak debu di mana-mana. Namun tahukah Anda bagaimana cara kerja AC mobil?

AC mobil yang tiba-tiba rusak dan tidak berfungsi secara normal sebaiknya dibawa ke tukang servis AC mobil. Tukang service AC tentu akan lebih mengetahui kendala apa yang terjadi sehingga AC tidak bisa berjalan secara normal.

Apa Itu AC Mobil

AC mobil adalah salah satu kebutuhan bahkan harus ada di mobil. karena seperti diketahui kondisi jalanan yang semakin hari semakin panas sehingga AC bisa menyelamatkan kegerahan anda ketika di dalam mobil. AC adalah singkatan dari air conditioner yang memiliki fungsi merubah udara panas menjadi dingin lewat bantuan komponen yang dinamakan freon. Maka dari itu ketika AC mobil tidak dingin mungkin salah satu penyebabnya adalah karena freon mengalami kerusakan.

Namun anda juga perlu tahu bahwa fungsi lain dari AC mobil yaitu sebagai pengatur sirkulasi gas refrigerant. Refrigerant ini mampu berubah secara cepat dan mengalami perubahan suhu secara drastis. AC mobil tidak tampak secara jelas karena tertutup oleh body mobil. AC hanya akan terlihat ketika penutupnya dibuka. AC mobil punya bentuk yang lebih kompleks dan juga rumit.

Struktur dasar dari AC mobil hampir sama dengan AC yang ada di rumah namun untuk mobil umumnya lebih dinamis karena putaran kompresor mengikuti RPM mobil. Ketika mobil berjalan lebih cepat maka putaran kompresor semakin cepat pula yang membuat suhu kabin dalam mobil jadi lebih cepat dingin. Jika kompresor mengalami kerusakan dan membuat AC mobil tidak berfungsi dengan baik, maka langsung saja bawa ke service AC mobil. AC mobil punya dua bagian yaitu single blower dan juga double blower. Single blower biasanya diletakkan di depan sedangkan double blower ada di kabin bagian belakang dan depan.

Cara Kerja AC Mobil

Cara kerja AC mobil berdasarkan komponen-komponen yang ada di dalamnya. Setidaknya ada 5 komponen utama dari AC mobil. Sehingga jika AC mobil tidak dingin mungkin saja salah satu komponennya mengalami kerusakan.

  • Kompresor, Komponen yang berfungsi untuk sirkulasi freon ke seluruh sistem AC dan juga menaikkan tekanan freon.
  • Kondensor, menyerap panas dari freon setelah dilakukan kompresi.
  • Filter, menjadi tempat sementara untuk penampungan freon yang sudah mencair dan juga penyaring serta pengering uap air dalam AC mobil.
  • Expansi Valve, merubah fungsi freon dari bentuk cair menjadi uap.
  • Evaporator, menampung suhu dingin dari freon untuk merubahnya menjadi uap.

 

Penutup

Nah jadi cara kerja dari sebuah AC mobil memang cukup rumit. Maka dari itu AC mobil tidak dingin bisa dipengaruhi oleh satu atau beberapa komponen AC mobil yang rusak. Nah bagi Anda yang mengalami kerusakan pada AC mobil segera kunjungi supercar.id, untuk mengetahui kendala apa yang sebenarnya terjadi pada AC mobil anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *