Manfaat Daun Dewa Sebagai Herbal Pilihan
Pernahkah anda mendengar mengenai daun dewa? Daun dewa merupakan salah satu tanaman yang digunakan masyarakat Indonesia sebagai campuran jamu tradisional. Daun dewa sendiri merupakan tumbuhan asli dari Myanmar. Tumbuhan ini dikenal dengan nama daun beluntas di masyarakat Indonesia. Konsumsi tanaman ini sendiri sebagian besar terfokus pada konsumsi jamu dan ada...
Pernahkah anda mendengar mengenai daun dewa? Daun dewa merupakan salah satu tanaman yang digunakan masyarakat Indonesia sebagai campuran jamu tradisional. Daun dewa sendiri merupakan tumbuhan asli dari Myanmar. Tumbuhan ini dikenal dengan nama daun beluntas di masyarakat Indonesia. Konsumsi tanaman ini sendiri sebagian besar terfokus pada konsumsi jamu dan ada masyarakat yang memanfaatkannya sebagai lalapan. Daun dewa memiliki nama latin Gynura pseudochina. Dimana tanaman ini sendiri memiliki kenampakan seperti daunnya yang lancip mirip daun teh namun memiliki ketebalan yang berbeda. Daunnya pun bergerigi yang menjadi ciri khas tanaman ini. Tanaman ini bisa dikonsumsi sebagai jamu, lalapan bahkan teh. Apabila akan mengkonsumsi tanaman ini diharapkan anda dapat mengolahnya dengan tepat. Daun dewa sendiri memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengolahannya. Apabila tidak diolah dengan tepat dan benar maka manfaat daun dewa tidak akan dirasakan oleh tubuh dan akan menyebabkan sakit pada tubuh. Sebab itu, ada baiknya anda memahami cara handling yang benar untuk daun dewa itu sendiri. Berikut ini merupakan saran handling daun dewa yang dapat dilakukan :
  • Merebus sebelum dikonsumsi
Daun dewa mengandung asam oksalat. Dimana kandungan ini dapat mengganggu pembentukan sel darah merah dalam tubuh sehingga dapat berbahaya bila dikonsumsi tidak tepat. Senyawa asam oksalat dalam daun dewa dapat dihilangkan dengan merebus daun dewa selama 2 menit sebelum dikonsumsi sebagai sayur lalapan ataupun jamu dan yang lainnya. Dengan begitu kalian bisa mendapatkan manfaat daun dewa untuk kesehatan tanpa berkurang sedikitpun.
  • Bila digunakan untuk teh, dapat dihaluskan dahulu
Daun dewa bisa digunakan untuk teh dengan cara menghaluskan daun dewa tersebut. Anda bisa mencuci lalu mengeringkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya sebagai teh. Daun dewa dapat dihaluskan dengan menggunakan blender untuk mendapatkan manfaat daun dewa dalam bentuk teh siap saji. Beragam pengolahan daun dewa tersebut membantu tubuh dalam mendapatkan manfaat daun dewa yang membantu tubuh lebih sehat. Berikut ini merupakan beberapa manfaat daun dewa yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anda :

Manfaat Daun Dewa Jaga Kesehatan

1. Menekan resiko kanker dalam tubuh

Konsumsi daun dewa dapat membantu tubuh melawan virus yang membuat tubuh mengalami kanker yakni virus EBV dan HPV. Dimana kedua jenis virus ini dapat menyebabkan kanker serviks dan kanker limfoma. Sehingga konsumsi daun dewa dalam bentuk olahan maupun segara dapat memberikan manfaat daun dewa yang baik untuk tubuh.

2. Anti inflamasi

Daun dewa mengandung senyawa fenolik. Dimana senyawa ini dapat menangkal radikal bebas sehingga tidak merusak sel dalam tubuh dan menyebabkan kanker. Radikal bebas sendiri didapatkan dari polusi udara yang sering terkena dan bersinggungan dengan tubuh.

3. Mengatasi permasalahan kulit

Daun dewa mampu mengatasi iritasi kulit yang terjadi pada tubuh. Dimana daun dewa sendiri mampu mengatasi scabies, herpes, jerawat hingga bekas gigitan serangga yang mengenai kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *