4 Tips Diet Untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal Ibu Hamil
Kelebihan berat badan sering menjadi masalah yang dihadapi oleh para ibu hamil. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah bertambahnya nafsu makan. Jika Anda sedang hamil, penting untuk tetap menjaga berat badan supaya tetap ideal. Caranya dengan melakukan diet yang diimbangi olahraga cukup. Jika Anda berhasil melakukannya dengan baik, Berat Badan...
Kelebihan berat badan sering menjadi masalah yang dihadapi oleh para ibu hamil. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah bertambahnya nafsu makan. Jika Anda sedang hamil, penting untuk tetap menjaga berat badan supaya tetap ideal. Caranya dengan melakukan diet yang diimbangi olahraga cukup. Jika Anda berhasil melakukannya dengan baik, Berat Badan Ideal Ibu Hamil akan dengan mudah untuk Anda dapatkan. Beberapa kandungan gizi yang harus Anda penuhi dalam menjaga berat badan selama hamil antara lain protein, mineral, kalori, asam folat, zat besi, dan yodium. Masing-masing memiliki peran penting yang akan berguna bagi kesehatan tubuh. Misalnya asam folat yang bagus untuk mendukung pertumbuhan pada sel plasenta. Beberapa makanan yang bisa Anda pilih dalam pemenuhan asam folat antara lain brokoli, pisang, sereal, bayam, dan hati sapi. Selain pemenuhan makanan dengan beberapa kandungan tersebut, Anda juga harus menerapkan beberapa metode lainnya.

Tips Diet untuk Menjaga Berat Badan Saat Hamil

Ketika hamil, keinginan untuk makan pasti bertambah. Langkah tegas harus Anda ambil untuk mengantisipasinya. Misalnya dengan menerapkan beberapa tips diet berikut ini:

Memenuhi Kebutuhan Mineral dan Vitamin

Sebagai ibu hamil, Anda harus memastikan untuk makan makanan yang memiliki kandungan vitamin dan mineral cukup. Tujuannya agar kondisi kesehatan Anda dan janin tetap terjaga dengan baik. Beberapa menu bergizi yang bisa Anda pilih antara lain bayam, daging merah, dada ayam, dan sereal. Selain itu, perhatikan juga konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti tomat, stroberi, pepaya, jeruk, dan lain-lain.

Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih sangat penting dikonsumsi oleh siapapun. Apalagi bagi ibu hamil yang membutuhkan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Sebaiknya Anda minum air putih sekitar 2,6 liter per hari ketika sedang hamil. Anda juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman yang berbahaya, seperti teh, kopi, soda, dan alkohol. Agar kondisi kesehatan lebih optimal, Anda bisa minum air putih dan susu yang dianjurkan untuk ibu hamil.

Mengurangi Konsumsi Gula

Tips diet selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengurangi konsumsi gula atau yang manis-manis. Beberapa makanan yang perlu Anda hindari antara lain kue, keripik, rujak buah, dan makanan-makanan lain yang kurang sehat. Sebenarnya tetap boleh melakukannya, asal tidak berlebihan alias melakukannya sesekali saja. Alih-alih mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, Anda bisa menggantinya dengan makanan sehat seperti buah-buahan, sayur, beras merah, gandum, dan kacang-kacangan.

Rutin Melakukan Olahraga

Hal penting yang tidak boleh sampai Anda abaikan adalah melakukan olahraga secara rutin. Anda bisa melakukan olahraga selama 30 menit setiap hari. Beberapa pilihan olahraga yang bisa Anda pilih adalah bersepeda statis, melakukan yoga, berenang, serta berjalan kaki. Salah satu alternatif olahraga yang sering dilakukan oleh ibu hamil adalah berjalan kaki. Sambil berjalan kaki, Anda juga bisa berjalan-jalan sambil menenangkan pikiran. Menjaga berat badan agar tetap ideal memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menjaga penampilan Anda. Tetapi yang lebih penting dari itu adalah kesehatan Anda dan si kecil di dalam kandungan. Berat badan ideal ibu hamil dapat terwujud dengan menerapkan beberapa tips diet di atas. Anda juga tidak perlu dibuat khawatir akan kenaikan berat badan yang berlebihan. Menjaga kondisi tubuh tetap sehat dengan asupan bergizi dan olahraga rutin juga bermanfaat untuk melancarkan kehamilan sampai persalinan.    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *