Faktur Pajak Masukan Online Tanpa Ribet, Ini Faktanya!
Faktur pajak masukan merupakan sejumlah tagihan akan pajak yang harus dilunasi oleh Pengusaha Kena Pajak. Faktur pajak yang dibayar meliputi berbagai Barang Kena Pajak ataupun Jasa Kena Pajak. Dimana sejumlah tagihan ini harus kamu lunasi ketika sudah mencapai periode tertentu sesuai dengan awal kesepakatan. Karena setiap usaha pasti ada kewajiban...
Faktur pajak masukan merupakan sejumlah tagihan akan pajak yang harus dilunasi oleh Pengusaha Kena Pajak. Faktur pajak yang dibayar meliputi berbagai Barang Kena Pajak ataupun Jasa Kena Pajak. Dimana sejumlah tagihan ini harus kamu lunasi ketika sudah mencapai periode tertentu sesuai dengan awal kesepakatan. Karena setiap usaha pasti ada kewajiban pajak yang harus dibayar, maka setiap dari kalian yang memiliki usaha harus paham terhadap siklus perhitungan pajak terutama PPN atau Pajak Pertambahan Nilai bagi setiap usaha. Apalagi sekarang ini faktur pajak masukan mempunyai dua solusi pembayaran. Yang pertama dengan kamu datang ke kantor pajaknya langsung. Dan yang kedua dimana kamu bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam pembayaran pajak. Nah sebelum kita membahas keuntungan pembayaran faktur pajak masukan online, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu sebenarnya bagaimana sih menghitung faktur pajak masukan ini.

Simulasi Hitung Faktur Pajak Masukan untuk Pengusaha

Kita simulasikan kamu mempunyai sebuah usaha konveksi yang sedang berbelanja bahan untuk membuat baju sebesar 200jt. Kemudian pembayaran pembelian bahan tersebut terkena pajak 10%. Sehingga pembayaran total adalah 220jt. Nah 20jt yang dihasilkan dari pembeli yang membayar PPN akan diberikan ke kas negara dan pihak penjual kain. Selanjutnya faktur pajak masukan akan diterbitkan oleh penjual bahan sebesar 10%, yang kemudian diberikan kepada pihak konveksi. Nah faktur pajak masukan yang telah ada ditangan pihak konveksi bisa dijadikan sebuah bukti apabila terdapat audit terkait pembayaran PPN bahan untuk pembuatan baju. Dengan bukti pembayaran PPN tersebut pihak konveksi bisa menggunakannya untuk kredit Pajak Penghasilan atau PPh yang ter-hutang saat SPT Tahunan ataupun Masa Pajak.

Simulasi Tahapan Penerbitan Faktur Pajak Masukan

Nah setelah kamu membayar PPN barang atau jasa yang kamu beli maka kamu akan menerima faktur pajak masukan, begini tahapan penerbitan faktur tersebut.
  • Langkah awal kamu harus daftar dulu sebagai pihak PKP atau Pengusaha Kena Pajak, sehingga data dirimu dikenali oleh Direktorat Jenderal Pajak.
  • Kemudian kamu harus mempunyai sertifikat elektronik pajak agar kamu bisa mendapatkan seri faktur pajak. Karena untuk mendapatkannnya kamu perlu akun PKP yang aktif. Isi dari sertifikat ini adalah tanda tangan digitalmu, kemudian data diri yang dimiliki oleh pihak PKP yang sudah resmi terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak.
  • Kamu akan menerima rangkaian nomor seri faktur pajak yang diterbitkan oleh E-Nofa (Elektronik Nomor Faktur).
  • Selain itu nomor seri juga bisa kamu peroleh dari KPP di daerah kamu yaa
Nah selanjutnya nomor tersebut bisa kamu gunakan untuk menerbitkan nomor seri yang sudah terbayar pajaknya. Setelah kamu mendapatkan faktur pajak masukan, ada baiknya kamu segera melakukan pelaporan ya dengan upload faktur pajak tersebut.

Keuntungan Faktur Pajak Masukan dengan Klikpajak

Di era digital sekarang ini sudah banyak lini kehidupan beralih ke mode transaksi yang cepat dan praktis. Termasuk dalam pengatasan masalah faktur pajak masukan yang sekarang gampang kamu lakukan menggunakan e-Faktur. Salah satu faktur pajak masukan elektronik yang resmi berdasarkan direktorat Jenderal Pajak adalah Klikpajak. Nah apa sih keuntungan atau kelebihan dari e-Faktur Masukan ini?
  • Melayani pembayaran segala pajak dengan mudah dan praktis serta tanpa butuh kamu pergi kemana-mana.
  • Selanjutnya faktur pajak masukan yang telah kamu bayar sudah resmi bisa kamu gunakan untuk pelaporan pembayaran pajak saat jatuh waktu SPT Tahunan atau Masa Pajak.
  • Kamu bisa menerbitkan bukti potong atau e-Bupot pajakmu dengan lebih mudah. Hal ini akibat alur penerbitannya yang memang sudah efisien dan juga sangat mudah digunakan oleh siapa saja.
  • Dengan Klikpajak yang merupakan software pajak secara online yang berbasis cloud, sehingga bisa membuat pengguna merasa nyaman dan aman ketika menggunakan fitur-fitur yang ada di dalamnya.
  • Integrasi dengan laporan keuangan perusahaan lebih mudah karena data bisa dikeluarkan secara langsung loh jika kamu menggunakan aplikasi akuntansi dari Jurnal.
Nah sebenarnya masih banyak lagi keuntungan lainnya, saran dari kami jika perusahaanmu sudah menggunakan aplikasi atau software akuntansi ada baiknya kamu juga beralih ke faktur pajak masukan elektronik. Sehingga semua data bisa tersinkronisasi lebih cepat, kemudian praktis, dan aman serta nyaman bagi siapapun yang terikat di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *