5 Manfaat Penggunaan AC untuk Kesehatan
Musim kemarau sudah tiba dan masyarakat khususnya daerah perkotaan akan mulai merasakan udara yang kering dan cuaca yang panas. Mengingat Indonesia merupakan negara beriklim tropis dengan udara yang panas, hal ini tentu sangat wajar. Tak heran jika Anda ingin selalu berada di ruangan ber-AC daripada harus keluar rumah. Jika Anda...
Musim kemarau sudah tiba dan masyarakat khususnya daerah perkotaan akan mulai merasakan udara yang kering dan cuaca yang panas. Mengingat Indonesia merupakan negara beriklim tropis dengan udara yang panas, hal ini tentu sangat wajar. Tak heran jika Anda ingin selalu berada di ruangan ber-AC daripada harus keluar rumah. Jika Anda pegawai kantoran di gedung yang besar, AC yang terpasang kemungkinan besar adalah AC sentral gedung dan Anda bisa kenali produknya dengan membuka laman https://www.lg.com/id/business/vrf. Tahukah Anda bahwa penggunaan AC juga memiliki dampak baik untuk kesehatan? Simak poin-poin berikut!  

Membantu agar tidur nyenyak.

Menggunakan AC saat tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, khususnya bagi Anda yang sering mengalami kesulitan untuk tidur.. Perlu dicatat bahwa Anda juga harus menggunakan AC dengan bijak. Hindari mengatur suhu terlalu rendah dan membuat ruangan menjadi sangat dingin. Kemungkinan besar Anda akan kedinginan di pagi hari saat bangun dan hal tersebut bisa memicu demam dan flu.  

Mencegah gangguan pernapasan.

Manfaat berikutnya yaitu mencegah adanya gangguan pernapasan. Hal tersebut dikarenakan udara sehat yang dihasilkan AC ideal bagi Anda yang menderita asma ataupun memiliki alergi. Kualitas udara yang sehat tentu  hanya dapat dihasilkan jika AC dalam keadaan bersih. Sebaliknya, AC yang kotor hanya akan memperburuk keadaan penderita gangguan pernapasan. Maka dari itu, selalu jaga AC dalam keadaan bersih.  

Mengatasi heat stroke.

Dilansir dari portal web Kemenkes, heat stroke merupakan kondisi paling berat pada tubuh akibat cuaca panas karena tubuh tidak dapat mengontrol suhu badan. Untuk Anda yang memiliki AC di rumahnya, tidak perlu panik. Karena solusi untuk membantu menurunkan suhu tubuh adalah dengan memanfaatkan udara dingin AC. Alhasil suhu yang ada pada tubuh akan lebih cepat menuju ke suhu tubuh normal.  

Dapat menjaga suhu ruangan untuk bayi.

Penggunaan AC akan membantu menjaga kesehatan si bayi. Ini dikarenakan bayi yang baru lahir tidak bisa mengatur suhu tubuhnya dengan baik. AC dapat menjaga suhu tubuh bayi tetap stabil, membuat tidur lebih nyaman, dan mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak, dehidrasi, ruam, serta heat stroke.  

Penangkal hama.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penggunaan AC akan menghasilkan udara bersih. Dengan begitu, hal tersebut dapat menjadi penangkal berbagai jenis hama. Hama sangat senang berada di udara yang tidak bersih. Dengan kualitas udara bersih, hama seperti kecoa, nyamuk, dan lalat pun tidak akan mengganggu Anda.   Hal pertama yang wajib dilakukan adalah membersihkan AC secara rutin. Dengan begitu Anda akan merasakan sirkulasi udara yang bersih dan terhindar dari penyakit.  Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, membersihkan AC secara rutin juga bisa membuat AC lebih awet. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *